KENAPA GIGI BISA BERLUBANG

“Gigi berlubang adalah kerusakan pada struktur jaringan keras gigi (email, dentin) yang diakibatakan oleh asam yang dihasilkan oleh bakteri yang terdapat pada plak gigi.”

untitled

Gigi berlubang dimulai dari lapisan yang paling luar yaitu email. Kemudian apabila dibiarkan tanpa ada penanganan seperti penambalan maka lubang gigi akan semakin dalam mencapai dentin himgga semakin lama semakin dalam maka akan mencapai pulpa yang akan berpengaruh pada saraf-saraf yang ada di dalam gigi.

FAKTOR APA YANG MENYEBABKAN GIGI BERLUBANG?

  1. Bakteri Streptococus Mutans
  2. Kondisi gigi yang kotor: sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi yang tidak dibersihkan yang kemudian mengendap
  3. Makanan manis melekat: makanan manis melekat bisa berupa cokelat, permen, gula, minuman bersoda, susu
  4. Waktu: maksud dari waktu disini adalah gigi yang berlubang tidak terjadi langsung dengan cepat melainkan karena adanya proses

BAGAIMANA PROSES TERJADINYA GIGI BERLUBANG?

causes-of-decay

Sebelumnya sudah disebutkan beberapa faktor yang menyebabkan gigi berlubang, disini akan dijelaskan bagaimana faktor-faktor tersebut menjadi kesatuan yang menyebabkan gigi berlubang.

Makanan manis melekat seperti permen, cokelat, susu, serta minuman bersoda merupakanmakanan dan minuman yang sangat mudah melekat pada gigi dan sulit untuk dibersihkan dengan berkumur saja. Makanan yang melekat itu apabila tidak segera dibersihkan dengan cara sikat gigi menjadikan kondisi kotor dan sisa makan tersebut akan dikonsumsi Bakteri Streptococus Mutans untuk menghasilkan energinya sehingga menhasilkan gas yang asam. Zat asam tersebut yang akan membuat gigi yang awalnya sehat lama kelamaan keropos.

About wandanuraidasite

-Medstud Of Health Polytechnic Kemenkes Semarang- Hobi Makan, Cita-cita Kurus
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment